EFEKTIVITAS METODE COOPERATIF LEARNING DAN JIG SAW LEARNING TERHADAP BELAJAR SISWA

  • Savitaria Savitaria Magister Teknologi Pembelajaran Pascasarjana IKIP PGRI Jember, Indonesia

Abstract

Hasil belajar merupakan puncak dari segenap proses kegiatan belajar-mengajar, karena sebagai bagian dari tolak ukur keberhasilan Pembelajar dan Pengajar melalui berbagai pola dan metode pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. Hal tersebut untuk mampu menjadi pedoman dan kerangka proses kegiatan belajar mengajar (KBM) selanjutnya.


Hasil belajar juga dipengaruhi oleh metode dari pengajar kepada peserta didik berikut umpan-baliknya. Berbagai jenis metode pembelajaran yang selama ini menjadi formulasi pembelajaran salah satunya adalah Jig Saw Learning, metode ini merupakan strategi yang menarik untuk digunakan jika materi yang akan dipelajari dapat dibagi menjadi beberapa bagian dan materi tersebut tidak mengharuskan urutan penyampaian kelebihan strategi ini adalah melibatkan seluruh siswa dalam belajar dan sekaligus mengajarkan kepada orang lain.


Penerapan metode ini dalam berbagai mata pelajaran yang dapat di implementasikannya dengan daya dukung dan perangkat seperti Silabus, Pelaksanaan Pelaksanan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Tes formatif, dan Validitas Tes. Dalam kajian ini penulis melakukan penelitian sejauhmana efektifitas metode Jig Saw Learning diterapkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan mengkomparasikan teoritis dengan penerapan metode, bukan hanya pada hasil belajar, namun juga pada pemahaman dan pengusaan siswa terhadap materi pelajaran.

Published
2019-09-29
How to Cite
SAVITARIA, Savitaria. EFEKTIVITAS METODE COOPERATIF LEARNING DAN JIG SAW LEARNING TERHADAP BELAJAR SISWA. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-27, sep. 2019. ISSN 2621-2153. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/418>. Date accessed: 22 nov. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.