SEKOLAH UNGGULAN TUNTUTAN PENDIDIKAN GLOBAL

  • Syuhud Syuhud

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan sangat pesat dan kompetitif, dunia global banyak memberikan kontribusi arah perubahan dunia pendidikan, temasuk di Indonesia. Perubahan ini menuntut pada setiap lembaga pendidikan untuk terus berpacu dengan waktu dalam perubahan dan persaingan yang dinamis, lembaga pendidikan yang mampu menunjukkan keunggulannya yang akan bisa masuk dalam persaingan ini. Sekolah unggulana yang menjadi impian semua kalangan dan golongan seharusnya sudah jelas terminologinya yang dapat dipahami oleh semua orang, sehingga kata “unggul” ini tidak menjadi superioritas intelektual sebagian orang. Di beberapa negara-negara maju, untuk menunjukkan sekolah yang baik tidak menggunakan kata unggul (excellent) tetapi menggunakan istilah efektif dan lain sebagainya, dari sisi ukuran muatan sekolah unggulan di Indonesia juga tidak memenuhi syarat. Sekolah unggulan di Indonesia hanya mengukur sebagian kemampuan akademis. Dalam konsep yang sesungguhnya sekolah unggul adalah sekolah yang secara terus menerus meningkatkan kinerjanya dan menggunakan sumber daya yang dimilikinya secara optimal untuk menumbuhkembangkan prestasi siswa secara menyeluruh. 

Published
2019-04-01
How to Cite
SYUHUD, Syuhud. SEKOLAH UNGGULAN TUNTUTAN PENDIDIKAN GLOBAL. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 16-34, apr. 2019. ISSN 2621-2153. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/359>. Date accessed: 22 nov. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.