SIKLUS KINERJA GURU BERBASIS SASARAN KERJA

  • Aziz Luki Ahyar

Abstract

Penelitian bertujuan ini mengetahui manajemen kinerja guru sebagai proses kinerja berkesinambungan untuk menyamakan tujuan individu guru dan lembaga pendidikan dan rangkaian kinerja guru dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi berorientasi memenuhi standar minimal kerja agar mendapatkan kelayakan penghasilan, tunjangan, dan kenaikan jabatan atau pangkat semata yang mengakibatkan kinerja guru berkutat hal-hal yang bersifat administratif dan menyampingkan proses kinerja yang membuahkan output dan outcame sesuai tujuan lembaga pendidikan.  Penelitian  ini adalah  penelitian  kualitatif dengan pendekatan fenomologis.Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis situs tunggal dan analisis lintas situs dengan teknik analisis data; reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Penelitian ini menghasilkan empat temuan pokok. Pertama, tahapan prasiklus dengan persiapan penilaian dan membentuk tim penilaian kinerja guru. Kedua, tahapan perencanaan dengan fase pendefinisian, pembahasan peran, tanggung jawab, dan ekpektasi terukur. Ketiga, tahapan pembinaan dengan fase pengamatan, pemantauan, dukungan,  umpan  balik,  dan  penghargaan.  Keempat  tahapan  siklus  manajemen kinerja guru adalah evaluasi kinerja.

Published
2018-10-17
How to Cite
AHYAR, Aziz Luki. SIKLUS KINERJA GURU BERBASIS SASARAN KERJA. Bidayatuna: Pendidikan Dasar Islam, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 129-148, oct. 2018. ISSN 2621-2153. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/328>. Date accessed: 23 aug. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.