KEPEMIMPINAN VISIONER KIAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN VISI DI PONDOK PESANTREN

  • Zuhri Zuhri

Abstract

Layanan proses pendidikan merupakan integrasi proses dan standar hasil pendidikan. Lembaga pendidikan menerapkan standar layanan dilandasi oleh rancangan masa depan lembaga sebagai organisasi yakni Visi. Lembaga pendidikan mempunyai visi dan tujuan organisasi sebagai pemandu dalam mencapai tujuannya, demikian halnya pondok pesantren. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang bertolak belakang terhadap kekuatan visi pondok pesantren dalam menciptakan proses dan layanan pendidikan yang sesuai standar kebutuhan konsumen. Kinerja pimpinan pesantren yakni kiai sangat menentukan visi yang menjadi harakah organisasi pesantren memberikan layanan pendidikan yang prima. Efektifitas organisasi di pondok pesantren sangat bergantung pada kerja kiai sebagai penuntun, motor perubahan lembaga, komunikator, dan pembimbing. Penyajian dalam laporan ini menggunakan formasi Pendahuluan, Metode Penelitian, Pembahasan, dan Penutup

Published
2018-10-17
How to Cite
ZUHRI, Zuhri. KEPEMIMPINAN VISIONER KIAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN VISI DI PONDOK PESANTREN. Bidayatuna: Pendidikan Dasar Islam, [S.l.], v. 1, n. 01, p. 34-71, oct. 2018. ISSN 2621-2153. Available at: <http://ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/bidayatuna/article/view/325>. Date accessed: 20 may 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.